UNIVERSITAS BUMI HIJRAH MENJAJAKI KERJA SAMA DENGAN KAMPUS JEPANG

Universitas Bumi Hijrah (UNIBRAH) Maluku Utara kembali melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri, kerjasama tersebut diawali dengan di undangnya Rektor (UNIBRAH) sebagai pembicara seminar Internasional oleh Japan Asosiasi Comonitas Publik (JACP) yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Juli 2016 di Universitas Edogawa Tokyo-Jepang.
Kedatangan Pimpinan perguruan tinggi Unibrah disambut baik oleh Rektor Universitas Edogawa dan ketua Asosiasi JACP. Pada tanggal 3 juli pimpinan UNIBRAH diberikan kesempatan mengikuti symposium peneliti Jepang di Aula Universitas Edogawa sekaligus diberikan waktu untuk mempresentasikan penelitian yang dilakukan oleh dosen Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara tentang kebijakan Publik di Maluku Utara dan universitas Bumi Hijrah sudah terdaftar sebagai anggota tetap JACP.
Dalam kesempatan itu Rektor Dr. La Syamsudin, M.Pd menyambut baik atas ide kerjasama antar dua lembaga ini, dengan adanya penandatanganan kerjasama ini diharapkan dapat menguntungkan keduabelah pihak, khususnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kampus Unibrah. Harapan, setelah berkunjung ke jepang dengan mendapat undangan dari JACP akan melakukan pembentuk asosiasi peneliti pada universitas bumi hijrah sekaligus memberikan motivasi kepada dosen untuk bisa melakukan penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang ilmunya serta akan dipresentasikan pada setiap 3 bulan di Universitas Bumi Hijrah dan akan di muat dalam jurnal internasional Jepang Sekaligus mencanangkan pada tahun 2017 UNIBRAH menjadi perguruan tinggi riset di maluku Utara.
Dr. La Syamsudin mengharapkan pada kerjasama ini lebih ditekankan pada penelitian dan penerbitan karya ilmiah dan belajar Bahasa Jepang para tenaga pengajar, disamping itu juga hal-hal lain yang dapat bermanfaat bagi mahasiswa pada kedua kempus ini.
Pada tanggal 4 Juli Rektor dan Warek 1 Unibrah menjejaki untuk melakukan kerja sama dengan kampus ABK College Tokyo-Jepang, hal itu diawali dengan pertemuan dua pimpinan dalam silaturrahim yang berlangsung di ABK College Jepang. untuk membicarakan persiapan kerja sama dalam rangka mengirimkan tenaga Dosen untuk belajar Bahasa Jepang di ABK College Jepang.
La Syamsudin menginginkan silaturrahim ini dapat ditindaklanjuti untuk melakukan kerjasama yang lebih serius, kerjasama yang sangat diharapkan untuk melakukan pengiriman Dosen untuk belajar Bahasa Jepang yang akan dimulai pada bulan September-Desember 2016 serta yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan.
Sementara itu, Pimpinan ABK College MR. Yamada Kenichi menyampaikan terima kasih atas kesedian melakukan kerjasama, Ia juga berharap MOU ini dapat bermanfaat banyak bagi ke dua kampus ini, sehingga apa yang ingin dicapai dapat segera terwujud.
Menurut La Samsudin, kerjasama ini lebih difokuskan pada pertukaran dosen, penelitian dan penerbitan jurnal, banyak hal lain yang dapat dituangkan dalam kerjasama dengan berbagai program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *