9 Trik Untuk Memaksimalkan WhatsApp Untuk Bisnis

Inovasi yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Fitur WhatsApp Business, pengembangan dari WhatsApp Messenger, telah resmi diluncurkan. WhatsApp Business yang dilaporkan di situs resmi WhatsApp adalah aplikasi yang dapat diunduh gratis. Aplikasi ini dirancang khusus bagi para pegiat usaha kecil untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Kabar baiknya, begitu diluncurkan di daratan AS, produk tersebut juga diluncurkan di Indonesia, disusul Inggris, Meksiko, dan Italia.

Dilansir dari www.kultural.id, fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business umumnya sedikit berbeda dengan WhatsApp. Jadi, ada baiknya mengetahui cara memaksimalkan WhatsApp Business.

1. Integrasi dengan produk

Beberapa merek besar, seperti maskapai penerbangan Belanda populer KLM dan perusahaan perjalanan BookMyShow, telah mengintegrasikan produk perusahaan mereka ke dalam WhatsApp Business. BookMyShow memungkinkan pelanggan untuk memeriksa status pesanan, memeriksa tiket, dan banyak lagi. Hal ini tentu saja berguna bagi konsumen karena memungkinkan mereka mengetahui semua detail transaksi yang dilakukan.

2. Umpan Balik

Ketika Anda memulai bisnis, Anda perlu mendapatkan saran dan kritik dari konsumen untuk mencoba berinovasi menjadi lebih baik. Bebaskan kreativitas Anda dengan mengembangkan survei untuk membantu konsumen memberikan umpan balik. Anda juga dapat melakukan survei konsumen melalui WhatsApp Business. Saran dan kritik dari konsumen dapat diimbangi dengan menawarkan kupon untuk meningkatkan kembali intensitas interaksi di masa yang akan datang.

3. Respon cepat

Karena tingginya lalu lintas bisnis, mau tidak mau perlu untuk selalu merespons pesan dari konsumen dengan cepat. Jadi whatsapp aero juga menyediakan fitur quick reply. Fitur ini memungkinkan Anda membuat serangkaian jawaban cepat menggunakan kata kunci tertentu. Ini akan menghemat waktu Anda dengan tidak harus menulis satu atau dua kalimat dari awal. Caranya mudah dengan membuka Pengaturan > Pengaturan Tindakan > Balasan Cepat.

Baca Juga  5 Aplikasi Foto Untuk Mengalahkan Foto Buram Anda

4. Penggunaan siaran

Kehadiran broadcasting di WhatsApp merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan untuk menyajikan produk, harga paket dalam promosi terbaru. WhatsApp seperti halnya WhatsApp Business memiliki fitur yang memudahkan untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur “Minta Informasi Akun” di WhatsApp.

5. Ada pesan selamat datang.

Fitur pesan selamat datang memungkinkan Anda untuk mengelola bisnis Anda dan menciptakan komunikasi yang lebih baik dengan konsumen Anda. Fitur ini otomatis dikirimkan ke konsumen yang menghubungi bisnis Anda 14 hari setelah offline. Caranya mudah dengan membuka menu Setting > Business Setting > Welcome message.

6. Anda dapat terus menggunakan keamanan dua tingkat.

Untuk memastikan keamanan data bisnis Anda, sebaiknya jangan mengabaikan mengaktifkan keamanan dua langkah. Ini adalah tindakan pencegahan untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan pesan di akun WhatsApp Business Anda.

Baca juga: 9 Perbedaan WhatsApp Business Dibandingkan WhatsApp Biasa

7. Sifat waktu nyata

Melayani konsumen secara real time adalah bentuk investasi yang mahal. Ini biasanya berlaku untuk perusahaan besar. Hal ini dikarenakan pelaku bisnis membutuhkan tenaga kerja yang siap setiap saat menjawab pertanyaan konsumen mengenai informasi produk. Dengan WhatsApp Business Anda tidak perlu khawatir mempekerjakan banyak karyawan karena aplikasi ini dapat melakukannya dengan mudah tanpa menghabiskan banyak uang. Berkat fitur WhatsApp Business, Anda dapat mengirim berbagai konten seperti pesan suara, foto, dan video. Hal ini tentunya membuat pelayanan kepada konsumen lebih modern dan personal.

8. Tidak ada salahnya mengadakan flashsales sebentar-sebentar!

Kemampuan untuk menyertakan foto dan lokasi memungkinkan konsumen yang terhubung mengetahui kapan harus menjual. Promosi ini dapat ditawarkan dalam bentuk diskon ekspres atau tarif liburan khusus.

Baca Juga  Aplikasi Pengeditan Foto Paling Populer Di App Store

Baca lebih lanjut: 5 rahasia untuk mempersonalisasi WhatsApp sesuai selera Anda

9. Penukaran kode promo untuk waiver

Anda bisa memaksimalkan fitur status WhatsApp Business dengan membagikan kode promo kepada konsumen. Konsumen dapat menggunakan kode promo ini untuk membeli produk di website dengan berbagai diskon penawaran menarik. Anda juga dapat terus menyediakan fitur status kepada pelanggan setia.

Jumlah pengguna aktif WhatsApp masih menjadi juara. Dengan cakupan yang begitu luas, bukan tidak mungkin menggunakan WhatsApp untuk lebih mengembangkan pasar bisnis Anda ke pasar yang lebih luas. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk bisnis Anda agar tidak kehilangannya saat menggunakan WhatsApp. semoga beruntung. Tuhan memberkati!