Kebijakan Privasi WhatsApp Yang Baru Akan Berlaku Besok Dan Tidak Akan Tersedia Jika Anda Memilih Keluar.

WhatsApp telah mengubah Ketentuan Layanan dan kebijakan baru terkait berbagi data dengan Facebook.

Kebijakan baru ini akan berlaku mulai besok (15 Mei 2021).

Banyak pengguna WhatsApp bertanya-tanya apa yang akan terjadi selanjutnya.

Tentu saja, akan ada hal-hal yang akan berubah dan hal-hal yang tidak akan berubah dalam kebijakan baru ini.

Namun, WhatsApp tidak mengubah privasi dan keamanan percakapan pengguna WhatsApp.

Apa yang terjadi jika saya menolak atau menerima Persyaratan Layanan Kebijakan WhatsApp yang baru?

Terima Persyaratan Layanan

Mengutip wabetainfo.com, banyak orang berpikir langkah itu bisa memberi Facebook lebih banyak data, tapi ini tidak benar.

Karena cara kerja obrolan akun bisnis sebenarnya telah berubah, pengguna tetap dapat menggunakan WhatsApp untuk mengobrol dengan aman dan normal dengan keluarga dan teman seperti biasa.

Ada dua jenis akun bisnis.

– Akun bisnis umum

Akun bisnis khusus menggunakan penyedia cloud.

Menghubungkan ke akun bisnis biasa seperti mengobrol dengan teman dan keluarga.

Saat Anda mengobrol dengan akun bisnis yang menggunakan penyedia layanan cloud, detail obrolan Anda dengan mereka dapat digunakan untuk membuat iklan Facebook yang ditargetkan.

Ini tidak selalu terjadi, karena kebijakan privasi perusahaan memungkinkan Anda untuk meminta kebijakan privasi hanya dengan mengirim pesan sebelum memulai percakapan yang sebenarnya.

Jadi, jika Anda mengkhawatirkan persyaratan layanan kami, kini Anda dapat memahami bahwa Anda dapat menjauh dari Facebook dengan menghindari akun bisnis “pribadi” yang memiliki praktik privasi “buruk”.

Jika Anda menggunakan alat untuk mengelola dan menyimpan obrolan, Anda dapat mengenalinya karena mereka ditandai di bagian atas percakapan.

Jika Anda menggunakan Toko Facebook, beberapa data mungkin dibagikan dengan Facebook, seperti apa yang Anda lihat di Toko Facebook.

Solusinya sederhana. Jangan gunakan toko Facebook (fitur opsional yang tersedia untuk akun bisnis yang dapat dijelajahi pengguna).

Katalog WhatsApp dikembangkan secara berbeda dari WhatsApp dan tidak mengirim data ke Facebook.

Tolak Persyaratan Layanan

Akun pengguna WhatsApp yang menentang kebijakan baru tidak akan dihapus pada 15 Mei.

Selain itu, riwayat obrolan dan cadangan Anda saat ini tidak akan hilang, tetapi hanya beberapa fitur WhatsApp yang akan tersedia.

Selama beberapa minggu pertama, Anda akan dapat menjawab panggilan suara dan video yang masuk dan membalas pesan pemberitahuan (Anda hanya dapat mengirim pesan teks), tetapi Anda tidak akan dapat membuka daftar obrolan karena pemberitahuan Persyaratan Layanan.

Ada fitur lain yang tidak tersedia jika Anda tidak menyetujui Persyaratan Layanan.

– Anda tidak dapat mengirim pembaruan status baru dari dalam aplikasi.

Pesan obrolan tidak dapat diteruskan ke obrolan lain.

– Anda tidak dapat mengelola dan menggunakan daftar siaran dan membuat grup baru, tetapi Anda masih dapat menambahkan ke grup orang lain jika pengaturan privasi memungkinkan Anda untuk menambahkannya. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menerima undangan baru ke grup.

– Layanan perpesanan yang sangat terbatas: Anda tidak dapat mengutip pesan atau menyebut peserta dalam grup, dan Anda tidak dapat mengirim pesan suara, stiker, dan jenis media lain dalam aplikasi.

– Jika Anda menonaktifkan pencadangan otomatis, Anda tidak akan dapat mencadangkan riwayat obrolan Anda.

– Layanan Klik Untuk Mengobrol tidak tersedia.

– Riwayat obrolan tidak dapat diekspor.

– Jika Anda menggunakan iOS, Anda tidak akan dapat lagi melihat media bersama kecuali telah diekspor sebelumnya. Di WhatsApp untuk Android, Anda masih dapat menggunakan pengelola file untuk melihat media dan mengunjungi jalur baru.

Setelah beberapa minggu, Anda tidak akan dapat menerima pesan dan panggilan karena layanan perpesanan benar-benar tidak aktif.

Jika Anda tidak menyetujui persyaratan, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda, jadi Anda dapat mempertimbangkan untuk menerima persyaratan layanan untuk menggunakan WhatsApp lagi.

Namun, satu-satunya cara untuk menggunakan semua fitur WhatsApp adalah dengan menerimanya.

Sementara itu, riwayat obrolan Anda tidak akan dihapus.

Namun, Anda masih dapat menghapus akun Anda dari WhatsApp setelah periode tidak aktif (4 bulan), dalam hal ini semua obrolan, pesan, dan cadangan akan dihapus.

Jika Anda keberatan dengan Persyaratan Layanan karena Anda yakin Facebook memberi Anda lebih banyak hak untuk menggunakan data Anda, Anda dapat membaca perubahan di atas untuk orang-orang yang telah menyetujui Persyaratan.

Di bawah ini adalah deskripsi apa yang berubah dan apa yang tidak berubah dengan kebijakan WhatsApp baru di faq.whatsapp.com.

hal-hal yang tidak berubah

Privasi dan keamanan percakapan pribadi dengan keluarga dan teman tidak pernah berubah.

Baik WhatsApp maupun Facebook tidak dapat melihat konten yang Anda bagikan dengan keluarga dan teman.

Ini termasuk pesan dan panggilan pribadi, lampiran yang Anda bagikan, atau situs yang Anda kirim.

Kami tidak menyimpan catatan tentang siapa Anda telah mengirim pesan atau menghubungi.

WhatsApp juga tidak membagikan daftar kontak dengan Facebook.

– Anda memegang kendali.

Anda dapat memilih apakah akan membagikan nomor telepon Anda dengan bisnis atau tidak, dan Anda dapat memblokir bisnis kapan saja.

WhatsApp tidak memberikan nomor telepon Anda kepada perusahaan.

Kebijakan kami juga mencegah perusahaan menghubungi Anda di WhatsApp tanpa persetujuan Anda sejak awal.

Fitur privasi ekstra kami, seperti menyetel pesan sebagai draf atau mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup, memberi Anda lapisan privasi ekstra.

semua berubah

WhatsApp memungkinkan Anda terhubung dengan lebih banyak perusahaan dan menyelesaikan sesuatu lebih cepat daripada melalui telepon atau email.

Ini sepenuhnya opsional.

Setiap hari, jutaan orang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan bisnis besar dan kecil.

Anda dapat menulis surat kepada perusahaan untuk mengajukan pertanyaan, melakukan pembelian, dan mendapatkan informasi.

Anda dapat memilih apakah akan mengobrol dengan perusahaan Anda di WhatsApp.

Anda juga dapat memblokir bisnis atau menghapusnya dari daftar kontak Anda.

Perusahaan besar seperti maskapai penerbangan dan pengecer dapat menerima pertanyaan dari ribuan pelanggan secara bersamaan.

Misalnya, pelanggan ingin melacak pesanan atau mengetahui informasi penerbangan.

Agar dapat merespons pelanggan dengan cepat, perusahaan-perusahaan ini dapat menggunakan Facebook sebagai penyedia teknologi mereka untuk mengelola beberapa respons atas nama mereka.

Jika ini terjadi, kami akan dengan jelas melabeli obrolan kami dengan mereka sebagai informasi.

Merinci bagaimana data dikumpulkan, dibagikan, dan digunakan.

Perubahan pada Kebijakan Privasi kami memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami mengelola informasi Anda.

Kami juga telah menambahkan lebih banyak informasi dan menambahkan bagian baru ke bagian tertentu dari kebijakan privasi kami.

Selain itu, tata letak kebijakan privasi telah disederhanakan untuk memudahkan pengguna menjelajah.

(/Nadya)

Berita terkait kebijakan WhatsApp baru

Unibrah