5 Cara Mengatasi Error TikTok

Seperti aplikasi atau layanan berbasis Internet lainnya, TikTok tidak kebal terhadap masalah atau kesalahan.

Error TikTok yang sering ditemui pengguna (seperti aplikasi tidak bisa dibuka, macet, tampilan tidak berubah saat menekan banyak fungsi di aplikasi, aplikasi crash, aplikasi sendiri tiba-tiba menutup dan lag atau aplikasi berjalan lebih lambat dari biasanya).

Ketika TikTok menemukan kesalahan, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan. Berikut KompasTekno merangkum beberapa cara untuk menghindari bug TikTok yang dikompilasi di AndroidAuthority pada Jumat (6/5/2022).

1. Periksa koneksi internet Anda

Jika TikTok mengganggu, segera periksa koneksi internet di smartphone Anda. Masalahnya mungkin pada koneksi internet yang Anda gunakan, bukan aplikasinya.

Jika Anda memiliki masalah koneksi, Anda dapat mengubah koneksi internet Anda. Misalnya, Anda dapat mengubah dari WiFi ke data seluler atau ke operator yang Anda gunakan dan sebaliknya.

Anda kemudian dapat memeriksa kecepatan setiap WiFi dan data seluler di banyak situs pemeriksaan koneksi gratis seperti nperf.com, fast.com, dan speedtest.net.

Anda dapat memeriksanya saat mengubah lokasi. Anda cukup jauh dari Wi-Fi, jadi ponsel Anda mungkin tidak memiliki koneksi yang baik.

Anda mungkin juga berada di ruangan dengan dinding tebal di mana jaringan data seluler Anda tidak cukup kuat untuk terhubung ke internet.

2. Mulai ulang aplikasi dan telepon

Salah satu cara sederhana untuk memperbaiki masalah seperti TikTok tidak dapat dibuka, macet, lag, atau macet adalah dengan memulai ulang aplikasi atau ponsel Anda.

Tutup saja aplikasi TikTok sepenuhnya, lalu buka aplikasi TikTok dan mulai ulang. Langkah-langkah ini dapat digunakan untuk ponsel Android atau iOS.

Kemudian restart ponsel Anda jika tidak berhasil. Memulai ulang ponsel Anda memperlambat TikTok, membekukan, dan menghentikan aplikasi lain yang mungkin membuat ponsel Anda mogok.

Baca Juga  Cara Membuat 9 Instagram Terbaik 2022

3. Periksa pembaruan aplikasi

Pastikan aplikasi TikTok yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Jadi, berhati-hatilah untuk memeriksa pembaruan atau pembaruan aplikasi dari Play Store (Android0 atau App Store (iOS)).

Versi terbaru dari aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan dengan lebih mulus. Itu karena tidak jarang pengembang memberikan pembaruan keamanan untuk memperbaiki bug yang bisa menjadi penyebab kesalahan TikTok.

Untuk pengguna Android, cara mengecek update aplikasi TikTok adalah dengan membuka Google Play Store dan pilih “Manage Apps and Devices” atau “Manage Apps and Devices” lalu “Untuk memilih pembaruan yang tersedia. ” atau “Pembaruan adalah ” “.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi TikTok. Jika Anda tidak dapat menemukannya, aplikasi memiliki pembaruan terbaru.

Untuk pengguna iPhone, Anda perlu membuka App Store lalu ketik TikTok di kolom pencarian untuk mencari aplikasi. Jika ditemukan, deskripsi aplikasi akan mengatakan “Perbarui”. Jika tidak ada item “untuk memperbarui”, berarti aplikasi sudah dalam versi terbaru.

4. Bersihkan cache

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan TikTok adalah menghapus data cache. Data cache adalah data sementara yang diperoleh dari aplikasi yang berjalan di ponsel Anda.

Data ini disimpan dalam memori telepon dan tidak bersifat sementara atau permanen. Salah satu contoh penggunaan data cache adalah ketika pengguna menjelajah Internet.

Saat mengunjungi sebuah website, pengguna sering menjumpai konten berupa gambar dan video. Saat konten dimuat, browser menyimpan file sementara gambar dan video dalam data cache.

Menyimpan file sementara ini memungkinkan browser memuat gambar dan video lebih cepat nanti saat pengguna ingin melihat konten serupa.

Data cache yang semakin menumpuk adalah salah satu faktor yang membuat aplikasi berjalan lambat atau lambat di ponsel Anda.

Baca Juga  Cara Membuat Spotify Bersinar Di Tengah Twitter

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menghapus data cache secara berkala, terutama saat ponsel berjalan lambat.

Untuk menghapus data aplikasi TikTok, ikuti langkah-langkah berikut:

Bernadinus Adi Pramudita Cara menghapus data aplikasi dari TikTok untuk pendaftaran, cara ini tersedia untuk pengguna Android dan iPhone. Namun, untuk pengguna iPhone, langkahnya mungkin sedikit berbeda. Cara ini tidak bisa digunakan dengan TikTok dibuka dengan PC atau laptop.

5. Periksa apakah server sedang down

Ada kemungkinan server aplikasi sedang down atau down sementara dan aplikasi TikTok tidak bisa dibuka. Kesalahan TikTok atau layanan masalah lainnya biasanya disebabkan oleh pemeliharaan atau pemeliharaan rutin server.

Pemeliharaan server secara teratur diperlukan untuk memastikan stabilitas server dan untuk memastikan bahwa program yang mengganggu mengancam keberadaan server.

Tapi jangan langsung menyimpulkan bahwa server sedang down. Anda dapat membuka halaman Downdetector. Halaman gratis ini akan memeriksa apakah ada gangguan koneksi dalam aplikasi.

Saat memeriksa layar Bernadinus Adi Pramudita Detect TikTok di bagian bawah layar, Anda perlu mengubah wilayah di menu sudut kanan atas halaman Downdetector lalu pilih Indonesia. Juga, sebagian besar laporan TikTok yang terputus akan memunculkan halaman setiap kali itu terjadi.

Jika Anda sudah memiliki banyak laporan yang terputus, Anda bukan satu-satunya yang mengalami masalah saat membuka TikTok.

Dalam hal ini, Anda dapat menunggu aplikasi dibuka kembali atau menggunakan halaman untuk memantau. Jika jumlah laporan berkurang, berarti server TikTok akan kembali normal.

Baca Juga: