Cara Mengirim Pesan Otomatis di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang populer, digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu fitur yang berguna adalah kemampuan untuk mengirim pesan otomatis. Dengan pesan otomatis, Anda dapat mengirim pesan yang telah ditentukan sebelumnya kepada kontak atau grup tertentu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengirim pesan otomatis di WhatsApp.

Langkah 1: Mengaktifkan Fitur Pesan Otomatis

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih “Pengaturan” atau “Settings” dari menu dropdown.
  • Pilih “Pesan Otomatis” atau “Auto Reply” (nama mungkin berbeda tergantung pada versi WhatsApp Anda).

Langkah 2: Membuat Pesan Otomatis Baru

  • Pada layar Pesan Otomatis, ketuk opsi “Tambahkan Pesan Otomatis” atau “Add New Auto Reply” untuk membuat pesan otomatis baru.
  • Pilih kontak atau grup yang ingin Anda aktifkan pesan otomatisnya. Anda juga dapat memilih semua kontak atau grup jika diperlukan.
  • Tulis pesan otomatis yang ingin Anda kirim kepada kontak atau grup tersebut. Pesan ini akan dikirim secara otomatis setiap kali ada pesan masuk dari kontak atau grup yang dipilih.
  • Anda juga dapat mengatur waktu penundaan untuk pesan otomatis jika diinginkan.

Langkah 3: Mengatur Pengaturan Tambahan

  • Di bawah pengaturan Pesan Otomatis, Anda dapat menemukan opsi tambahan seperti pengaturan waktu dan pengaturan untuk pesan yang diterima saat ponsel dalam keadaan sibuk.
  • Anda dapat mengatur jadwal waktu tertentu di mana pesan otomatis akan aktif.
  • Anda juga dapat mengatur pesan otomatis untuk hanya dikirim saat Anda sedang dalam keadaan sibuk, seperti saat mengemudi atau saat sedang dalam rapat.

Langkah 4: Menyunting atau Menghapus Pesan Otomatis

  • Jika Anda perlu menyunting pesan otomatis yang ada, kembali ke layar Pesan Otomatis di pengaturan WhatsApp.
  • Ketuk pesan otomatis yang ingin Anda edit, lalu lakukan perubahan yang diperlukan.
  • Jika Anda ingin menghapus pesan otomatis, cukup ketuk opsi hapus atau ikon tong sampah yang sesuai dengan pesan otomatis yang ingin dihapus. Sumber Okinmedia.id.
Baca Juga  Apa Mekanisme atau Model Bisnis yang Digunakan oleh Aplikasi Penghasil Uang untuk Menghasilkan Penghasilan?

Catatan Penting

Pesan otomatis hanya akan dikirim kepada kontak atau grup yang memulai percakapan dengan Anda. Fitur ini tidak mengirim pesan secara otomatis kepada kontak atau grup yang tidak pernah mengirim pesan kepada Anda sebelumnya.

Pastikan untuk menggunakan fitur pesan otomatis dengan bijaksana dan sesuai dengan etika penggunaan. Hindari spamming atau mengirim pesan yang tidak relevan atau mengganggu kepada kontak atau grup.

Perhatikan bahwa pesan otomatis hanya dapat dikirim kepada kontak atau grup yang telah Anda pilih sebelumnya. Pesan otomatis tidak akan dikirim kepada kontak atau grup baru yang muncul setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut.

Kesimpulan

Fitur pesan otomatis di WhatsApp dapat menjadi alat yang berguna untuk menjaga komunikasi dengan kontak atau grup tertentu ketika Anda tidak dapat merespons secara langsung. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur pesan otomatis dengan mudah di WhatsApp. Pastikan untuk menggunakan fitur ini secara bijaksana dan memperhatikan etika penggunaan agar tidak mengganggu atau mengirim spam kepada kontak atau grup Anda. Nikmati kemudahan dan kenyamanan dalam menjaga komunikasi melalui pesan otomatis di WhatsApp.