Perbedaan Antara SSD Dan HDD Di Komputer (Loop)

Semua perangkat, baik laptop maupun komputer, memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda. Pilihan penyimpanan yang digunakan oleh setiap perangkat dipengaruhi oleh performa sistem perangkat.

Oleh karena itu, pemilihannya tidak boleh sembarangan. Meskipun kapasitas penyimpanan dan biaya adalah dua hal utama yang perlu dipertimbangkan, Anda juga harus mempertimbangkan kinerja perangkat Anda.

Jika pengguna salah memilih penyimpanan, kinerja perangkat bisa jadi lambat. Dalam bidang teknologi dan informasi, storage yang banyak digunakan adalah SSD dan HDD. Ada banyak perbedaan antara kedua jenis penyimpanan ini.

Untuk lebih mengenal SSD atau HDD, berikut KompasTekno rangkum pengertian dan perbedaan keduanya.

HDD

Hard disk drive (HDD) adalah ruang penyimpanan data yang ditempatkan pada komputer atau laptop. Area penyimpanan ini berbentuk piringan berputar tempat data disimpan secara magnetis.

Dari segi usia, HDD merupakan ruang penyimpanan yang lebih tua dari SSD. HDD lebih murah daripada SSD. Ruang penyimpanan ini juga mencakup penyimpanan yang nyaman untuk data yang jarang diakses, seperti file cadangan atau dokumen.

Secara umum, hard drive tersedia dalam dua ukuran: 2,5 inci, yang biasa digunakan di laptop, dan 3,5 inci, yang biasa digunakan di komputer.

SSD

Solid state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan generasi berikutnya yang populer untuk komputer notebook. SSD ini dapat digunakan terhubung ke penyimpanan dan laptop atau digunakan di luar laptop.

Dari segi ukuran, hard drive SSD lebih tipis dan lebih kecil dari HDD. SSD mulai dari kapasitas gigabyte (GB) hingga terabyte (TB).

Penyimpanan SSD dapat bekerja lebih cepat daripada hard disk drive karena pengguna tidak perlu menunggu disk berputar untuk memulai perangkat.

Meski harganya dinilai lebih mahal dari HDD, SSD sangat cocok bagi pengguna yang membutuhkan akses cepat ke perangkat tersebut.

Baca Juga  Cara Membuat 9 Instagram Terbaik 2022

Perbedaan HDD dan SSD

Secara generasi, kedua ruang penyimpanan ini adalah Generasi Lama dan Generasi Baru. Jadi, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Satu perbedaan penting adalah masalah kinerja. SSD dapat bekerja lebih cepat daripada hard disk drive karena menggunakan sirkuit listrik dan tidak memiliki bagian yang bergerak secara fisik seperti HDD.

Ini mengurangi latensi pengguna saat memulai dan mengurangi latensi saat meluncurkan aplikasi.

Dari segi kapasitas, SSD tersedia dalam kapasitas mulai dari 120GB hingga 30,72TB. Hard disk HDD berkisar dari 250 GB hingga 20 TB. Perbedaan kapasitas membuat perbedaan biaya juga.

Hard drive mungkin terlihat murah, tetapi ketika menimbang semua manfaatnya, Anda bisa mendapatkan penyimpanan yang lebih canggih dengan menambahkan beberapa lagi. Ini adalah SSD.

Secara umum, SSD menggunakan lebih sedikit daya dan karenanya memiliki masa pakai baterai yang lebih lama. Ini karena akses data jauh lebih cepat dan perangkat sering tidak aktif atau tidak memerlukan pergerakan seperti HDD.

Hard drive yang berfungsi membutuhkan disk yang berputar, tetapi membutuhkan lebih banyak daya untuk memulai. Sebab, daya baterai yang dibutuhkan juga sangat tinggi. Inilah arti dan perbedaan antara HDD dan SSD. mungkin berguna.

Red more:

gb whatsapp

loop.co.id